Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips membeli laptop bekas online yang aman, dan Pengecekan

Tips membeli laptop bekas online yang aman, dan Cara Pengecekan

Tips membeli laptop bekas online yang aman, dan Pengecekan

Membeli Laptop bekas secara online maupun offline perlu keahlian khusus agar tidak tertipu oleh oknum yang ingin memanfaatkan kurangnya pengetahuan soal komputer dan notebook second dari pembeli. Mau tahu bagaimana tips dan cara yang aman dan mengetahu bagaimana pengecekan yang tepat.

Ada banyak tips yang dapat LaeMurdani uraikan agar dapat membuat kamu lebih yakin dan mantap dalam menentukan laptop dan notebook mana akhirnya yang akan kamu pinang guna mendukung aktifitas keseharian kamu.

Sebaiknya LaeMurdani menyarankan agar kamu lebih kritis diawal daripada akhirnya kamu menyesal karena telah salah dalam membeli notebook bekas. Setelah kamu menerapkan langkah dibawah ini, kami yakin laptop second yang kamu beli akan lebih berkualitas dan jauh dari kata rusak.


Cara Membeli laptop bekas online yang aman

Membeli laptop bekas online yang aman 

Sebelum melihat bagaimana saja tips yang tepat, ada banyak saat ini toko online terpercaya yang dapat membantu kamu dalam menghadirkan laptop terbaik meskipun dalam kondisi bekas namun tentu saja masih sangat berkualitas.

Kamu haruslah memahami dan menanyakan secara detail kepada penjual agar terhindar dari kekecewaan dibelakangan hari.

Yuk kita lihat saja Tips Membeli Laptop Bekas yang aman serta bagaimana cara pengecekan fisik dari notebook second yang akan kalian pakai.


Cara Membeli Laptop Bekas - Lokasi Yang Berdekatan

1. Tips Membeli Laptop Bekas - Lokasi Yang Berdekatan

Cari laptop bekas bisa secara online. Namun, jika penjual yang Anda temui memiliki barang yang sesuai dengan keinginan dan lokasi yang berdekatan, coba temui mereka secara langsung. 

Dengan cara ini, kita bisa mengecek barang secara langsung. Karenanya, saya sarankan mencari penjual terdekat dari lokasi yang bisa kamu samperin langsung.

Apa yang harus dilakukan? kita bisa saja menggunakan bukalapak, olx, lazada, toped dan lainnya. Toko online ini disebut sebagai tempat jual beli barang bekas, dan memiliki banyak fungsi. 

Tidak hanya kita bisa mencari jenis dan merk laptop di kolom pencarian, kita juga bisa mengurutkan beberapa kategori. Dalam hal ini termasuk kategori lokasi penjual / pelapak serta nomor yang bisa dihubungi.


Cara Membeli Laptop Second - Melalui Penjual Terpercaya

2. Tips Membeli Laptop Second - Melalui Penjual Terpercaya

Untuk menghindari penipuan, membeli laptop bekas di toko e-commerce atau toko barang elektronik terpercaya pilihan adalah pilihan Kedua. 

Pembelian melalui e-commerce sangat praktis dan mudah, karena pembeli tinggal memilih dan membayar.

Akan tetapi, jika Anda masih kurang yakin dengan spesifikasinya dan ingin mengecek laptop yang ingin Anda beli, maka mengunjungi toko secara langsung seperti pada point pertama adalah pilihan yang tepat.

Banyak toko online yang memiliki toko offline yang bisa langsung dikunjungi calon pembeli. Anda juga bisa memilih metode pembayaran COD (cash on delivery) sehingga Anda bisa membayar tunai setelah melihat barang dikirim ke alamat pembeli.


Riset harga Sebelum membeli Notebook Bekas

3. Tips Membeli Laptop Bekas - Melakukan Riset Harga 

Saat membeli laptop bekas, Anda pasti mendapatkan harga yang lebih murah dari produk baru. Jika ternyata harganya terlalu murah harap berhati-hati, karena barang yang dijual bisa jadi sudah rusak atau malah menjadi tempat penipuan.

Selain itu, penting untuk memeriksa harga normal barang untuk menghindari membeli laptop yang terlalu mahal. Cara terbaik adalah melakukan riset harga dengan membandingkan satu toko dengan toko lainnya sebelum membeli.

Bandingkan juga harga komputer dengan merk tertentu serta spesifikasi laptop bekas dan baru. Dengan mengetahui harga notebook, penipuan bisa dengan mudah dihindari.

4. Tips Membeli Laptop Second - Periksa Software dan Hardware Secara Detail

Melalui pembelian langsung, calon pembeli akan dengan mudah melihat kondisi laptopnya. Untuk itulah, banyak hal yang harus diperhatikan sebelum membeli notebook.

Berikut ini adalah hal penting yang harus diperhatikan: Pastikan sistem operasi di laptop aktif dan sistem operasi asli dan original. 

Cari kerusakan yang terlihat pada laptop. Periksa port dan drive optik. Pastikan keyboard dan touchpad berfungsi dengan baik dan tidak ada yang rusak atau bermasalah.

Jalankan webcam untuk memastikan kualitas. Periksa kualitas speaker dengan memutar audio. Amati LCD pada laptop dan pastikan tidak ada dead pixel (kerusakan pada LCD) untuk memastikan notebook dapat terkoneksi dengan Wi-Fi atau Internet lainnya.

Pastikan hard drive pada laptop memiliki kapasitas yang dibutuhkan, periksa jenis dan ukuran RAM, dan pastikan baterai dan charger pada notebook berfungsi dengan baik.

5. Tips Membeli Notebook Bekas - Perjanjian Jual Beli

Cara Paling aman dalam membeli laptop bekas secara Online, ialah Anda harus tahu alamat toko penjualnya. Biasanya tidak ada jaminan di tempat seperti itu. Memang garansi bukan seperti Notebook baru dengan sejarah 1-2 tahun, melainkan garansi toko dan garansi hanya satu bulan

Namun jika situasinya sama dengan di atas, maka Anda meminta penjual untuk mengunggahnya ke Tokopedia, dan jika kondisi barang tidak sesuai dengan foto dan deskripsi, Anda harus menandatangani perjanjian pengembalian (refundable).

Tidak hanya kesepakatan yang tercapai, penjual juga harus mengaktifkan fungsi pengembalian di pengaturan booth Tokopedia. Harap dicatat dan diketahui bahwa Tokopedia memang menyediakan fitur ini.

Karena itu, saat barang sampai, jangan buru-buru memastikan "selesai". Yang terbaik adalah membuka kotak dan bungkusan dan memeriksa di berbagai tempat. Jika ada barang yang tidak sesuai dengan gambar dan deskripsi, silakan meminta pengembalian.

Namun jika sesuai, berarti penjual tersebut jujur. Anda harus segera melakukan konfirmasi agar dana yang dimiliki Tokopedia bisa segera ditransfer kepadanya. Kasihan, mungkin dia sudah lama menunggu.


Cara Membeli Notebook Bekas Pembayaran di Tempat

6. Tips Membeli Notebook Bekas - COD (Pembayaran diTempat)

Bagi yang ingin mengecek kondisi barang secara langsung, opsi "Cash on Delivery" (COD) lebih diutamakan saat proses pembelian. Pilih tempat pertemuan yang aman di dekat keramaian. Ajak juga teman Anda untuk mempelajari lebih lanjut tentang laptop agar lebih mudah mengeceknya.

Namun bagi yang menentukan spesifikasi penjual dan laptopnya, bisa memilih cara pembayaran yang lebih aman. Selain transfer bank, Anda juga bisa menggunakan akun bersama alias Rekber. Berikan instruksi pengemasan tambahan untuk memastikan paket Anda aman selama ekspedisi.

Tips Cara Pengecekan Fisik Laptop Bekas

Tips dalam Pengecekan Fisik Laptop Bekas Sebelum Membeli yang Aman

Saat kamu ingin membeli laptop secara online ataupun offline tentu kalian haruslah memahami bagaimana sebenarnya kualitas dari komputer yang kamu ingin beli.

Dengan melakukan pengecekan yang tepat, maka kemungkinan kamu membeli laptop bekas yang tidak berkualitas akan dapat diminmalisir melalui tips mengecek perangkat second yang tepat.

Oleh karenanya, silahkan terapkan langkah dibawah ini agar tidak salah dalam memilih dan membelinya ya.


Cara Mengecek Komputer Bekas – KONDISI BODY

1. Tips Mengecek Komputer Bekas – KONDISI BODY

Hal terpenting dan termudah yang harus Anda cek adalah kondisi body laptop bekas yang Anda beli.

Entah ada sompel atau retakan pada body notebook. Jika kondisi body masih mulus kemungkinan besar pemilik sebelumnya cukup mengerti dan tahu bagaimana merawat laptop miliknya.

Namun, jika terjadi sompel atau retakan pada bodi, tentu saja laptop bekas tersebut akan rontok. Selain itu, kerusakan komponen notebook akibat pemakaian yang kasar atau bahkan pernah jatuh komputer bisa diketahui dari point pertama ini.

Periksa juga apakah ada lecet tergores atau bahkan retakan dan baret pada layar LCD. Pastikan tidak ada pula terjadinya perubahan warna pada setiap sudut layar.

2. Cara Melihat Kualitas Laptop Bekas – KONDISI KONEKTIFITAS

Tentu saja, saat mencari laptop bekas yang kamu inginkan tidak dapat terhubung ke Internet dengan WiFi. Oleh karenanya, coba deh sambungkan notebook second yang kamu beli ke jaringan WiFi atau hotspot. 

Atau bisa saja driver yang diinstal ternyata tidak sesuai dengan spesifikasi. Kemungkinan telah terjadi perbaikan yang artinya pernah mengalami kerusakan konektifitas yang serius. Jika ada masalah, sebaiknya cari laptop bekas yang lain.


Cara Mengecek Komputer Bekas – KONDISI HARDISK

3. Tips Mengecek Komputer Bekas – KONDISI HARDISK

Kondisi dari hard disk juga salah satu hal penting sebagai komponen yang harus dicek. diawal, cobalah pastikan hard drive yang terpasang memenuhi spesifikasi dari pabrikan. Jika standarnya awal memakai hardisk dengan kapasitas 500GB maka tentu saja laptop second yang akan dibeli juga harus dengan kapasitas yang serupa donk.

Kemudian periksa kondisi hard disk. Butuh waktu lama untuk menyelesaikan pemeriksaan. Oh ia sebenarnya ada kok teknik cepat dan mudah untuk dapat memeriksa bagaimana kondisi hard disk dengan cara Copy – Paste file di Windows Explorer.

Coba copy dan paste secara massal. Apabila saat proses perpindahan data memakan waktu yang lama, ini bisa saja mungkin menunjukkan bahwasannya  harddisk telah terserang bad sector. Anda dapat meminta untuk disediakan harddrive yang baru atau lebih baik mencari laptop second lain saja.

4. Cara Mengecek Notebook Bekas – KONDISI KEYBOARD & Trackpad

Keyboard dan trackpad adalah komponen yang paling umum digunakan di laptop dan notebook. Oleh karena itu, periksa kedua bagian ini pada perangkat bekas yang Anda beli.

Coba masuk dulu. Jika ada kerusakan apapun, Anda harus segera memperhatikannya. Hal yang sama berlaku untuk trackpad. Coba lihat apakah penunjuk dapat berjalan dengan lancar.


Cara Mengecek Notebook Bekas – KONDISI LCD DAN LAYAR

5. Tips Mengecek Notebook Bekas – KONDISI LCD DAN LAYAR

Silakan periksa semua detail bagian LCD dan layar dengan sempurna saat ingin menyalakan dan juga mematikannya agar dapat melihat kerusakan yang ada.

Saat mematikan notebook, pastikan tidak ada bintik atau warna berbeda di setiap sudut layar. Terlepas dari mungkinkah ada death piksel atau blankspot pada layar laptop bekas milikmu dengan tips mudah ialah dengan cara mengubah wallpaper dari komputer menjadi hitam.

Setelah itu cek layar apakah ada warna selain hitam. Coba juga dengan layar putih bersih dan pastikan hasilnya sama.

Ada juga beberapa trik saat memeriksa LCD, yaitu menyalakan dan mematikannya secara perlahan. Layar komputer notebook akan bermasalah pada saat diguncang, menjadi lebih longgar dan tampak hitam atau putih. Layar bergelombang mungkin juga menunjukkan bahwa layar sudah mulai retak.

6. Cara Mengecek Komputer Bekas – KONDISI SOKET dan USB

Sama seperti saat memeriksa smartphone second, pastikan lubang atau slot di laptop tersebut masih berfungsi. Karenanya, Anda perlu membawa headphone, flash disk, dan juga kartu SD, serta kabel HDMI untuk memeriksa apakah seluruh soket atau slot dari notebook bekas masih berfungsi.

Periksa juga saat ini apakah slot DVD, masihkah dapat memutar film secara normal? Jangan lupa juga untuk mengecek bagaimana kondisi slot jack speaker serta semua tombol keyboard.

7. Tips Mengecek Laptop Second – KONDISI KAMERA WEBCAM

Kamera web digunakan untuk melakukan panggilan video melalui laptop. Jika sudah rusak tentunya sulit untuk melakukan kegiatan ini. Terutama di saat sekarang ini banyak kegiatan zoom atau meeting yang dilakukan secara online di notebook dan komputer.

Oleh karena itu, sebaiknya periksa dulu webcam pada laptop bekas yang Anda beli, apakah bermasalah atau kualitas sudah jelek dan kabur.


Cara Mengecek Laptop Bekas – KONDISI CHARGER & BATTERAI

8. Tips Mengecek Laptop Bekas – KONDISI CHARGER & BATTERAI

Salah satu komponen vital laptop yang penting dicek ialah bagaimana saat ini kondisi dari charger dan baterai. Salah satu teknik mudah guna memeriksa level baterai ialah dengan cara menggunakan laptop seperti biasa selama beberapa menit dengan coba membuka beberapa Software yang besar mamakai fungsi ram dan daya.

Setelah memulai dan menggunakan, periksa level baterai laptop. Setelah 10-15 menit penggunaan, periksa level baterai. Jika cepat drop, kemungkinan besar sel dari baterai telah rusak.

selanjutnya, untuk dapat mengecek kualitas charger, coba deh sambungkan langsung kabel charger pada laptop ke sumber listrik PLN. Periksa secara detail bagaimana proses dari pengisian baterai apakah normal atau terasa lambat? Selain itu, coba juga pastikan kabel dari pengisi daya tidak terkelupas atau lecet.

9. Cara Mengecek Laptop Bekas – KONDISI SPEAKER & MIC

Meskipun sepele dan jarang diperhatikan, namun kondisi speaker dan Mic adalah sesuatu yang penting dah harus diperiksa saat melakukan pembelian laptop dan notebook second yang akan memberikan kenyamanan saat penggunaan. 

Kan ga mungkin selamanya kamu menggunakan speaker external dalam mendengarkan lagu kesayangan, atau headset apabila ingin menonton drama korea favorit hahaa.

Karenanya sebagai tips terakhir ialah haruslah lakukan pengecekan dalam kondisi speaker dan mic sebelum membeli notebook secod ya.

Cara Mengecek Kesehatan Laptop Bekas – COBA HIDUPKAN DAN MATIKAN PERANGKAT

10. Cara Mengecek Kesehatan Laptop Bekas – COBA HIDUPKAN DAN MATIKAN PERANGKAT

Tips Terakhir dan sangat bermanfaat dari penipuan penjualan laptop baik secara online maupun offline ialah cobalah mematikan dan menghidupkan notebook yang kamu beli beberapa kali.

Saat kamu melakukan ini bisa saja ternyata masalah yang tersembunyi yang mungkin penjual ingin sembunyikan dapat ketahuan. 

Contohnya ram ternyata sudah bermasalah bisa saja membuat booting jadi melambat. Atau hardisk dan processor yang rusak juga dapat diketahui apabila melakukan proses hidupkan dan matikan perangkat beberapa kali.

KESIMPULAN

Ada banyak oknum penjual laptop dan notebook nakal yang ingin memanfaatkan ketidak tahuan pembeli dalam menjual komputer yang rusak. Dengan mengetahui point diatas maka kamu akan lebih merasa tenang dan aman dalam melakukan pembelian perangkat yang ingin kamu pinang.

Lebih baik repot diawal daripada dibelakangan hari menyesal karena ketidak tahuan dalam kualitas laptop bekas yang telah dibeli baik secara online maupun offline.

Oleh karenanya, sebaiknya terapkan langkah diatas sebelum membeli notebook dalam kondisi second lebih aman.

Semoga Artikel tadi bermanfaat, dan silahkan bagikan atau share ke sosial media dari teman atau kerabat yang membutuhkan. Terima kasih


Posting Komentar untuk "Tips membeli laptop bekas online yang aman, dan Pengecekan"