Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pertanyaan Awam Soal RAM Komputer Untuk Pemula

Pertanyaan Awam Soal RAM Komputer Untuk Pemula

Pertanyaan Awam Soal RAM Komputer Untuk Pemula?

Pertanyaan yang sering Terkait RAM Komputer akan mudah untuk dijawab dan diselesaikan bagi teknisi atau pakar komputer. Namun bagi orang awam terkhususnya User yang hanya terbiasa menggunakan, mungkin beberapa pertanyaan dibawah bisa menjadi solusi yang memberikan pencerahan.

RAM ( Random Access Memory ) ialah salah satu perangkat vital dalam sebuah komputer atau laptop, tanpa adanya memory maka seluruh komponen dan hardware yang ada akan tidak dapat terkoneksi dengan baik dan menjadi sebuah kesatuan.

Apakah kamu juga seorang user yang mungkin bingung dan ingin mencari tahu pertanyaan yang sering terjadi terkair RAM Komputer dan kerap ditanyakan? 

Yuk lihat dibawah ini selengkapnya berdasarkan sumber Laemurdani

1. Berapa Jenis RAM Komputer?

Singkatnya, fungsi utama RAM adalah menyimpan data sementara saat aplikasi sedang berjalan. Semakin besar RAM, semakin banyak data yang bisa diproses (multitasking) secara bersamaan.

Perbedaan RAM dan ROM (read only memory, biasanya berupa hard disk atau SSD) adalah pada saat komputer atau komputer portable dimatikan maka data yang tersimpan di RAM akan hilang, sedangkan data di ROM akan tetap tersimpan.

Untuk referensi tambahan bagi Anda, berbagai ukuran dan jenis RAM digunakan pada laptop atau komputer. Secara default biasanya ditemukan ukuran RAM yang terpasang adalah 1 GB, 2 GB, 4 GB, 8 GB, 16 GB, dan maksimal 32 GB.

Sedangkan pada jenis RAM sesuai dibawah ini ya.

EDO RAM (Enhanced Data Output RAM): Biasanya jenis ini sering digunakan pada variant komputer lama untuk mengambil dan menyimpan data pada waktu yang bersamaan secara spesifik.

RD RAM (Rambus Dynamic RAM): Banyak digunakan di komputer dari 1999 hingga 2000. Memiliki performa yang lebih cepat dari EDO RAM.

(Synchronous Dynamic RAM) SD RAM : Memory dengan jenis yang Memiliki tingkat sinkronisasi lebih tinggi dibanding lainnya.

(Double Data Rate) DDR : Jenis yang paling umum sekarang, karena kecepatannya dua kali lipat dari RAM SD, dari 133 MHz, 233 MHz hingga 400 MHz.

DDR saat ini juga punya beberapa model generasi, dimulai model DDR2 > DDR3 > DDR4, hingga saat ini DDR5.

2. Kebutuhan Kapasitas Ram Laptop? 

Mungkin ada yang berargumen: "Ah, sepertinya tidak perlu menggunakan RAM komputer atau kapasitas yang besar. Lagipula, aplikasi ini jarang digunakan.

Mungkin begitu. Laptop Anda memiliki RAM yang cukup untuk menjalankan berbagai jenis aplikasi. Namun, lebih banyak RAM dapat membuat aplikasi berjalan lebih cepat dan lebih stabil.

Di sisi lain, jika Anda menggunakan laptop untuk pekerjaan biasa, Anda membutuhkan setidaknya 4 GB RAM. Namun, sangat disarankan untuk menggunakan RAM 8 GB untuk performa yang lebih baik.

Lantas, bagaimana dengan pengguna yang sering melakukan pekerjaan multimedia atau bermain game di laptop? Jawabannya adalah memilih RAM 16 GB. Anda tidak perlu menunggu lama untuk membuka aplikasi yang ingin Anda jalankan.

3. Performa Hanya berasal Dari RAM?

Menambahkan RAM ke laptop memang bisa membuat aplikasi berjalan lebih cepat dan stabil. Namun yang jelas, penambahan RAM tidak otomatis meningkatkan performa notebook secara keseluruhan.

Misalnya, laptop Anda sekarang menggunakan RAM 8GB dan kemudian tingkatkan menjadi 16GB. Jika diperhatikan, pengguna mungkin tidak melihat perbedaan mencolok antara RAM 8GB dan RAM 16GB. Lain halnya jika Anda menggunakan laptop untuk gaming atau pekerjaan multimedia, menambahkan RAM baru akan mempengaruhi kinerja laptop.

Harus diperhatikan bahwa RAM tidak dapat meningkatkan kinerja komputer notebook secara signifikan bila tidak dibarengi komponen lain juga.

4. Bisakah Kombinasi 2 RAM Berbeda Ukuran?

Biasanya laptop dilengkapi dengan dua slot memori. Memang banyak yang menyarankan bahwa jika RAM akan ditambah, model, ukuran dan frekuensinya harus sama. Pasalnya, RAM memiliki komponen yang memberikan performa terbaik.

Namun, ini tidak berarti Anda tidak boleh menggunakan ukuran RAM yang berbeda. Misal, untuk slot memori pertama, Anda sudah menggunakan RAM sebesar 4 GB. Karenanya, Anda masih bisa menambahkan RAM 8 GB.

5. Manfaat Aplikasi RAM Booster?

Banyak orang menggunakan aplikasi RAM Booster atau sejenisnya untuk dan beranggapan bahwa software ini bisa meningkatkan kinerja RAM dan laptop tidak akan melambat. Faktanya, aplikasi booster tidak berpengaruh terhadap performance.

Bahkan Sebaliknya, Aplikasi booster hanya akan memperlambat sistem yang ada. Anda akan melihat bahwa RAM dapat diatur selama bekerja.

Penutup

Semoga Dengan membaca Artikel kita dapat lebih mengetahui mengenai RAM Komputer dan menambah pengetahuan terhadap Laptop terhadap pertanyaan yang sering muncul terkait Memory Notebook.

Silahkan Dibagikan kepada teman atau kerabat yang membutuhkan

Posting Komentar untuk "Pertanyaan Awam Soal RAM Komputer Untuk Pemula"