Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

30 Virus Komputer Paling Berbahaya Sepanjang Sejarah

style="clear: both; text-align: center;"> <span style="font-family: "verdana" , sans-serif; font-size: x-large; text-align: start;">30 Virus Paling Terkenal Sepanjang Sejarah, Sejak Generasi I</span>


30 Virus komputer Paling Terkenal Sepanjang Sejarah, Sejak Generasi I


Virus komputer paling terkenal sepanjang sejarah melalui kerusakan yang telah dibuatnya, begitu banyak kerugian yang telah ditimbulkan oleh keberadaan Hama dalam sistem ini. tentu saja akan jauh lebih baik bilamana kalian mengamankan komputer kamu dengan ANTIVIRUS daripada memperbaikinya.

Apakah ini murni karena keisengan semata? Ataukah ini lebih kepada bentuk bisnis kejatahan yang terstruktur oleh sekelompok orang atau organisasi?

Sering banyak orang menyepelekan keberadaan virus segurazo di perangkat komputernya, mungkin karena belum pernah kena lagi sibuknya kali ya. Hahaha

Sebelum kita masuk ke Daftar 30 Virus terkenal sepanjang sejarah berdasarkan tahun pembuatannya, sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu sejarah virus, penyebab serta daftar virus paling berbahaya tahun ini di LaeMurdani.




VIRUS KOMPUTER MENGGANGGU


VIRUS KOMPUTER


Mengapa banyak perusahaan atau perseorangan yang khawatir akan satu hal ini, tentu semua tidak terlepas dari history ataupun cerita yang beredar.

kemampuannya dalam merusak, memanipulasi, serta mencuri data tentu tak salah bila semua orang khawatir pada gangguan hama komputer ini.

tentu kita semua tak ingin berurusan dengan VIRUS KOMPUTER bukan?? simak artikel dibawah ini sampai selesai ya Kawan LaeMurdani. 

meskipun kerap kita terganggu oleh ANTIVIRUS KOMPUTER karena sering melakukan blocking terhadap program tertentu, tentu lebih baik menjaga daripada mengobati



SEJARAH VIRUS KOMPUTER TERCIPTA



SEJARAH VIRUS KOMPUTER

Sejarah virus komputer paling terkenal dimulai dengan gagasan program menggandakan diri pada tahun 1949 oleh John Von Neuman. Kejadian ini menjadi pelopor dalam pengembangan program komputer destruktif lainnya di masa depan. 

Virus itu sendiri menyebar ke seluruh dunia dan sebenarnya dibuat pada tahun 1986 dengan nama "Otak". Sejak itu, penyebaran virus komputer paling terkenal baru saja dimulai pada masanya, dan banyak jenisnya dari seluruh dunia telah muncul.

Baca Juga : Software Antivirus Terbaik .

Perkembangan teknologi telah membuat perkembangan sejarah virus komputer semakin rumit. Sejak awal 1990-an, banyak virus telah diproduksi. Salah satu contoh ialah trojan hasil pengembangan Mark Washburn, yang disebut virus polimorfik. Lalu ada virus Michelangelo, yang dirilis dengan tanggal lahir pelukis ternama Italia itu. 


Kemungkinan akibat dari virus ini tidak diketahui, karena akan menghapus seluruh isi harddisk yang ada di komputer. Pengguna komputer khawatir tentang penyebaran virus berbahaya yang dapat mengganggu kinerja komputer mereka.


Faktor Membuat Komputer Rentan

Faktor Membuat Virus Komputer Terkenal Rentan dimasuki


Beberapa faktor yang membuat komputer rentan untuk disusupi berbagai Virus tentu akan harus kita hindari.

jangan sampai secara tidak sadar eh ternyata virus sudah menggerogoti sistem maupun file yang kita simpan dengan aman di dalam harddisk kita

apa saja sih faktornya? simak dibawah ini ya semua Kawan LaeMurdani


  • Komputer yang tidak terlindungi Antivirus
Faktor pertama yang menyebabkan munculnya virus adalah kurangnya perlindungan antivirus untuk komputer Anda. Padahal, setiap komputer pasti memiliki fungsi anti virus untuk melindunginya dari berbagai serangan paling berbahaya.


Sekarang, antivirus dengan berbagai ukuran tersedia dari kecil hingga besar. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya apapun untuk mendapatkannya karena disediakan secara gratis. Anda hanya perlu mengunduh dan menginstalnya di komputer Anda.


Tidak hanya itu, Anda harus selalu memeriksa apakah perangkat lunak antivirus sedang diperbarui. Jika ada pembaruan, biarkan perangkat lunak antivirus memperbarui sistem. Pasalnya, software anti-virus akan meningkatkan keamanannya untuk melawan virus baru yang mungkin menyerang komputer Anda.

  • Mengunjungi situs mencurigakan
Faktor berikutnya adalah Anda mungkin telah mengunjungi situs yang mencurigakan. Yang dimaksud mencurigakan disini adalah website yang berisi konten ilegal, seperti pornografi, perjudian, dll.


Situs mencurigakan tersebut biasanya hanya dapat digunakan untuk mendapatkan keuntungan dari pengunjungnya. Sebab, saat Anda menonton dan mendownload konten dari situs tersebut, biasanya konten tersebut disertai virus komputer paling berbahaya jenis Trojan.
Virus Trojan adalah salah satu virus paling berbahaya di dunia. Karena alasan ini, harap sebisa mungkin mengunjungi situs mencurigakan serupa lainnya.

  • Menekan email Sembarangan
Email phishing adalah salah satu tindakan umum untuk menjebak seseorang agar perangkat mereka terinfeksi virus. Triknya adalah mengirim email yang berisi lampiran berbahaya.


Tujuan dari email palsu adalah untuk membangkitkan emosi seseorang untuk menekan dan membuka keterikatan berbahaya ini.


Faktanya, penipu biasanya menggunakan beberapa teknik psikologis, tetapi teknik yang umum termasuk email dan media sosial untuk memalsukan pesan.
Karena kebanyakan orang tidak mudah terkecoh dengan ketiga teknologi ini. Karenanya, Anda harus ekstra hati-hati saat membuka pesan di media sosial, email, atau pesan.kit

Faktor keempat yang menyebabkan virus muncul di komputer secara tidak sengaja mengunduh aplikasi atau perangkat lunak tertentu di Internet.


Pasalnya, jika Anda mengunduh dari situs web yang tidak memiliki sumber yang jelas, Anda mungkin khawatir aplikasi atau perangkat lunak yang diunduh akan diserang oleh virus bajakan.
Nah, jika sudah begini, dan Anda sudah menginstall aplikasi atau software yang terkena virus bajakan, maka otomatis perangkat Anda akan terinfeksi virus tersebut.


Oleh karena itu, sebelum mengunduh aplikasi atau software, sebaiknya ketahui dulu situs mana saja yang menyediakan virus resmi dan bersih.


Dengan cara ini, setidaknya kemungkinan terpapar virus bajakan dan virus berbahaya lainnya dapat diminimalkan.

  • Memakai Wi-Fi tanpa kata sandi
Faktor terakhir adalah menggunakan Wi-Fi tanpa kata sandi atau kata sandi. Jika Anda menemukan koneksi Wi-Fi di tempat umum yang tidak dikunci oleh kata sandi, beberapa orang mungkin akan senang.
Namun nyatanya, jika Anda menggunakan koneksi internet, justru akan merugikan komputer Anda. Karena koneksi internet yang tidak dikunci oleh password rentan terhadap serangan virus.


Oleh karena itu, meskipun Anda tidak menggunakan komputer, Anda harus menggunakan perangkat lunak antivirus dan melakukan pemindaian malware atau virus setidaknya sekali seminggu.


Variant Virus Komputer

Variant Virus Komputer Paling Berbahaya


Beberapa variant dari 
sejarah nama Virus komputer dapat dilihat dibawah ini ya, 

Variant yang dimaksud disini adalah, bagaimana cara bekerja dan metode serangan yang dihasilkan oleh virus laptop ini.

Berikut ini adalah beberapa Variant virus komputer terbaru yang cukup populer dan berbahaya beserta cara kerjanya, yaitu :

Pada dasarnya, Trojan adalah bentuk malware atau perangkat lunak jahat, sejenis perangkat lunak berbahaya yang dimasukkan ke komputer untuk tujuan tertentu. Namun dalam proses pengembangannya, sejauh ini, 

Trojan sering dikaitkan dengan virus komputer karena mereka biasanya hidup berdampingan dengan spyware. Trojan adalah sejenis perangkat lunak berbahaya, yang bertindak sebagai gerbang awal bagi perangkat lunak berbahaya lainnya untuk masuk ke komputer dan memasuki sistem milikmu. 

Singkatnya, saat kita mengeksekusi virus, ternyata virus tersebut mengandung trojan , yang akan menyebabkan malware masuk dan menginfeksi komputer kita.

Kenapa Trojan berbahaya bagi Laptop?

Ada banyak alasan mengapa virus yang mengandung Trojan ini sangat berbahaya. Berikut adalah beberapa alasan mengapa Trojan sangat berbahaya:

  1. Trojan adalah pintu masuk malware dan virus lain untuk menyerang komputer
  2. Jika Trojan tidak segera dihancurkan, komputer akan mengalami banyak masalah virus dan mungkin berada pada tingkat yang parah.


  • WORM
Seperti Trojan, worm sebenarnya terkandung dalam malware, tetapi karena kita menjalankan file dengan virus, worm biasanya masuk ke komputer. 

Worm adalah perangkat lunak berbahaya yang memasuki komputer Anda melalui virus dan menyebabkan komputer berjalan lambat. 

Worm dapat menyusup ke file apa pun yang Anda miliki, dan Anda harus melakukan pemindaian penuh pada komputer Anda untuk mendeteksi file tersebut. (Lihat juga: Bagaimana mencegah laptop lambat)

Mengapa WORM berbahaya?

Beberapa hal yang menyebabkan worm masuk ke sistem melalui virus komputer yang paling berbahaya dan terbaru. Berikut beberapa alasan dan sejarah yang membuat worm bisa menyusup.

  1. Worm dapat dengan mudah bergerak di direktori di komputer Anda
  2. Worm dapat memperlambat perangkat dan sistem komputer
  3. Worm dapat menyebabkan kerusakan perangkat keras karena dapat menyebabkan komputer menjadi terlalu panas


  • Web Scripting virus
Virus skrip web adalah virus paling populer berikutnya. Seperti namanya, virus skrip web ini adalah virus yang ditempatkan di situs web. Ketika kami mengunjungi situs ini, untuk tujuan tertentu, semua yang kami ketik akan direkam dan disimpan oleh virus. 

Ketika ini terjadi, skrip akan menyalin semua formulir di situs web, seperti kata sandi, nomor kartu kredit, identitas, dll.

Mengapa virus Web ini berbahaya?

Tentunya keberadaan virus Web script ini sangat berbahaya, karena dapat sangat merugikan pengguna yang melakukan browsing di browser. Berikut ini adalah beberapa bahaya virus script Wb:

  1. Pencurian nama pengguna dan sandi game online, media sosial, pengguna, dan media di portal
  2. Nomor kartu kredit curian
  3. Pencurian data pribadi, seperti nomor telepon dan alamat rumah.


  • Multipartite Virus
Sesuai dengan namanya, virus multipart adalah virus yang secara inheren bersifat multipartit, dan jumlahnya dapat berkembang biak dengan cepat. Virus multi part ini biasanya merupakan virus yang menyerang sistem operasi, boot sector, BIOS dan DOS. Untuk menghancurkan virus ini, kita harus menghapus semua bagian virus dari seluruh direktori. (Lihat juga: Bahaya sering menginstal ulang laptop)


Mengapa Multipartite Virus Komputer paling berbahaya?

Ada beberapa alasan mengapa virus multipart berbahaya. Berikut ini adalah beberapa situasi yang membuat virus Multipartite ini berbahaya:


  1. Virus menyerang bagian penting komputer yaitu menyerang sistem, sistem operasi, booting, serta BIOS dan DOS
  2. Virus dapat berpindah dengan cepat dan sulit dikendalikan
  3. Virus sangat mengganggu kinerja seluruh sistem komputer


  • FAT Virus
Virus FAT adalah virus yang menyerang tabel alokasi file atau FAT pada drive komputer. Virus FAT masuk dan bersembunyi di dalam FAT, yang dapat merusak informasi penting di komputer dan menghalangi akses ke informasi penting.

Mengapa virus FAT berbahaya?

Berikut beberapa alasan yang dapat menyebabkan virus FAT menjadi virus berbahaya:

  1. Virus FAT akan menyerang FAT dan menyimpan banyak informasi penting. Ini membuatnya sulit untuk mendapatkan informasi penting dan sering ditolak
  2. Virus FAT dapat merusak informasi di drive komputer


  • Companion Virus
Virus Companion adalah virus yang sangat mengganggu di era MS-DOS. Virus pendamping ini tidak akan mengubah atau merusak sistem dan file apapun. 

Peran Virus Pendamping adalah untuk menyalin file exe dan menggantinya dengan ekstensi .com ketika sedang berjalan, sistem akan menjalankan file, 

dan kesalahan terjadi selama operasi. Selain itu, virus Companion juga cukup sulit diperika karena bisa muncul di mana saja, dan dapat menggandakan file apa saja juga menempatkannya random sesuai keingninan virus.
  • Directory Virus
Ini adalah virus yang sangat menjengkelkan, karena mengubah direktori komputer dan sistem operasi kami. Komputer adalah bentuk mesin yang sudah memiliki programnya sendiri. 

Ketika harus menjalankan file A di direktori Z, komputer akan melakukan operasi ini. Ketika virus direktori ini muncul, direktori asli akan diubah. 

Oleh karena itu, ketika komputer menjalankan perintah yang sama, hasil keluaran bukanlah program, tetapi virus. Ada bahaya direktori virus di sini karena dapat mengubah direktori dari isi komputer.
  • Shortcut Virus
Virus shortcut tersebut sepertinya menjadi virus yang sangat populer karena hampir semua orang pernah mengalaminya. Bisa dalam memori flash, hard drive, PC atau laptop. 

Seperti namanya, shortcut virus ini bekerja dengan mengganti semua ekstensi file yang ada dengan ekstensi shortcut. 

Bagi siapa pun yang bekerja di komputer, ini tentu menjengkelkan. Terkadang, pintasan baru akan muncul, dan ketika kita mengklik pintasan, mereka akan memasukkan virus lain di komputer atau drive kita.
  • Virus tersembunyi
Virus tersembunyi juga merupakan virus yang populer. Virus menyembunyikan file di direktori tertentu, jadi meskipun pengaturan folder tersembunyi diaktifkan, 

Anda tidak dapat melihatnya. Hal ini membuat pengguna atau pengguna panik dan cenderung memformat drive mereka, meskipun datanya tidak hilang tetapi hanya disembunyikan.
Ini adalah jenis virus komputer tertentu. 

Masih banyak jenis virus komputer yang belum terdeskripsikan. Ini karena fungsi komputer terus berkembang seiring teknologi yang digunakan untuk membuat kemajuan virus.



5 Virus Komputer Paling Berbahaya!



5 Virus Komputer Paling Berbahaya!


  • ILOVEYOU
Seperti worm, virus ILOVEYOU juga menyebar di email pada tahun 2000 dengan subjek "I LOVE YOU". Ketika virus memasuki PC, ILOVEYOU dapat mengubah file, mengubah malware lain dan mengganti data. Virus komputer paling berbahaya dan terkenal ini juga berisi program VBScript. 

Mengklik program memungkinkan virus untuk mengakses daftar kontak Outlook korban dan mengirim email sendiri yang berisi virus ke semua orang yang ada dalam kontak.
Menurut beberapa sumber, "LOVE YOU" diproduksi oleh Onel de Guzman di Filipina. 

Virus komputer berbahaya dan terkenal lainnya yang disebut "surat cinta" sangat ditakuti software ini diperkirakan dapat menginfeksi 45 juta PC di seluruh dunia dalam satu hari dan menyebabkan kerusakan lebih dari 8 miliar dolar AS.
  • MyDoom
sejarah Virus komputer ini pertama kali ditemukan pada tahun 2004 dan dikatakan sebagai virus yang paling cepat menyebar dalam sejarah. 

MyDoom dapat memperlambat akses Internet dan menyebabkan jutaan email terinfeksi dalam 36 jam pertama. Tidak hanya itu, nama virus komputer ini juga menyebabkan Microsoft Windows menderita kerugian finansial hingga 38,5 miliar dolar AS.

Bahaya dari MyDoom adalah ia dapat mencuri berbagai informasi private orang melalui nama pengguna, email, dan nama domain dari sistem yang terkena. 

melalui informasi yang didapat guna membuat dan mengirimkan lebih banyak email, dan kemudian Ini secara otomatis dikirim ke daftar kontaknya. 

Bahaya lainnya adalah MyDoom bisa menghapus atau menjauhi dalam penggunaan jaringan dan alat analisis keamanan, sehingga sulit untuk dideteksi, dicegah atau dihapus.
  • Storm Worm
Storm Worm adalah virus jenis Trojan yang dapat menginfeksi PC dan kemudian memungkinkan kendali jarak jauh perangkat untuk menyebarkan spam. sejarah Virus komputer ini juga sangat berbahaya karena dapat menginstal rootkit untuk menyembunyikan program jahat yang tidak dapat dideteksi oleh program antivirus di PC.

Nama Storm Worm pertama kali menyebar melalui email ketika badai melanda Eropa pada Januari 2007. Saat itu, pengguna menerima email palsu yang berisi informasi tentang badai tersebut, tetapi konten tersebut menyediakan tautan yang mengarahkan pengguna ke situs tempat malware itu akan dipasang.

Setelah mengklik tautan, botnet (jaringan PC yang dapat dikendalikan dari jarak jauh) akan diinstal pada PC korban untuk mengontrol perangkat.

  • WannaCry
Jika Anda tidak memasukkan nama WannaCry, daftar nama virus komputer paling berbahaya tidak akan terdaftar. Pada tahun 2017, WannaCry melanda dunia, dan serangan ransomware menyebar dengan cepat di ratusan negara melalui jaringan PC termasuk Indonesia. 

Tidak seperti kebanyakan contoh virus komputer lainnya, WannaCry dapat mengenkripsi (mengunci) file pada hard drive PC sehingga pengguna tidak dapat mengakses perangkat, dan kemudian pengguna perlu membayar carbon copy dengan Bitcoin untuk mengembalikan PC ke keadaan semula.

Serangan WannaCry biasanya menyebar melalui berbagai metode, termasuk email phishing dan PC tanpa program antivirus yang diperbarui. 

Oleh karena itu, perlindungan terbaik yang dapat diberikan oleh spacer adalah mencadangkan semua data secara teratur ke sistem yang sepenuhnya independen, selalu mencurigai email "aneh", dan menggunakan perangkat lunak antivirus terbaik untuk melindungi PC.
  • Black Shades
Black Shades adalah virus jenis ransomware yang dapat mengenkripsi (mengunci) file sehingga peretas dapat mengontrol PC Anda dari jarak jauh. 

Setelah masuk, mereka akan memantau melalui webcam PC, mencuri file dan informasi akun, dan melihat apa yang Anda ketik. Karena itu, untuk memulihkan PC, korban harus membayar salinannya.


sejarah Virus komputer ini pertama kali muncul pada tahun 2010. Diperkirakan Black Shades menginfeksi lebih dari 500.000 komputer berbasis Microsoft Windows di berbagai negara. Menakutkan, ya!


25 VIRUS PALING TERKENAL SEPANJANG SEJARAH berdasarkan Tahun Pembuatannya!


25 VIRUS PALING TERKENAL SEPANJANG SEJARAH


1. Jerusalem – 1987
Sejarah Virus komputer ini pertama kali terdeteksi di Yerusalem pada Oktober 1987. contohnya adalah denga virus MS-DOS yang menginfeksi setiap file operasi yang layak. Setiap hari Jumat tanggal 13, 

virus Yerusalem menghapus semua file program pada hard drive yang terinfeksi. Oleh karena itu, nama virus komputer ini juga disebut virus pada hari Jumat tanggal 13.


2. Morris (Internet Worm) – 1988
Ini adalah jenis virus "worm" pertama di dunia Internet, menginfeksi lebih dari 6000 komputer di Amerika Serikat, termasuk beberapa komputer milik NASA. Virus ini didistribusikan melalui Internet pada tanggal 2 November 1988. 

menyebabkan kerusakan hampir 100 juta dolar AS. Virus dapat merusak semua sumber daya jaringan dan menyebabkan kerugian dan kerugian sekitar 100 juta dolar AS. Bahkan, karena fanatisme ini, virus Morris diabadikan pada sebuah floppy disk dan ditampilkan di Boston Museum of Science.


3. CIH atau .Win9x.CIH – 1998
sejarah Virus komputer CIH atau .Win9x.CIH, juga dikenal sebagai virus Chernobyl, pertama kali ditemukan di Taiwan pada bulan Juni 1998. CIH dianggap sebagai salah satu nama paling berbahaya dalam sejarah. 

Virus komputer paling berbahaya ini dapat merusak BIOS komputer, sehingga tidak dapat memulai. Ini termasuk dalam kategori virus berbahaya karena mereka sulit dideteksi. CIH akan menginfeksi setiap aplikasi di komputer. Menurut laporan, virus tersebut menyebabkan kerusakan lebih dari $ 100 juta.


4. Melissa – 1999
Virus melissa dikirimkan ke semua pengguna email melalui email, sejarah virus komputer ini dapat menghantap file di file Word dan Excel. nama Virus komputer ini juga disebut "Mailissa", "Simpsons", "Kwyjibo" dan "Kwejeebo". 

Virus Melissa menginfeksi 20% komputer di seluruh dunia. Selain itu, dengan membaca alamat email kemudian menggunakan aplikasi Outlook untuk mengirim sendiri email semua teman dan kerabat (email massal), virus Melissa juga dapat menyebar secara otomatis, membuat server yang kelebihan beban di dunia Internet.


5. Love Letter ( I Love You/Lovebug) – 2000
Virus email ini menyebar pada tahun 2000 dan menyebabkan pendapatan $ 10 miliar di 20 negara. sejarah Virus komputer ini mampu didistribusikan melalui email dengan subject "I love you", yang berisi pesan teks: "Silakan periksa kembali LOVELETTER yang saya lampirkan" dan judul "LOVE-LETTER-FOR-YOU.TXT.VBS" mencaplok. 

Jika Anda membuka attachment, cara kerja virus komputer ini akan otomatis menggandakan dirinya dan mengirimkannya ke semua alamat email yang ada di email pengguna. File ini juga akan menghapus file .jpg dan .jpeg.


6. Code Red – 2001
nama Virus komputer jenis worm ini diamati pada tanggal 15 Juli 2001. contoh "Code Red" menyerang server Web Microsoft IIS. mereka menghancurkan halaman web dan meninggalkan teks "Diserang oleh Cina!". Dan menghancurkan situs whitehouse.gov. 

Kerusakan akibat nama virus komputer "Code Red" mencapai US $ 2 miliar. Code Red menginfeksi hampir semua komputer di dunia pada tahun 2001.
Code Red berhasil menyusupi situs whitehouse.gov dan memaksa lembaga pemerintah lainnya untuk mencadangkan datanya untuk sementara. 

Pada awal abad ke-21, penciptaan bahasa pengkodean kecil yang menjengkelkan ini menggunakan sistem operasi Microsoft Windows NT dan Windows 2000 karena server telah menginfeksi puluhan ribu komputer. Kode merah menghancurkan halaman web dan menyerang dengan teks "Hacked by Chinese!" Virus dapat berjalan sepenuhnya melalui memori tanpa meninggalkan jejak file atau jejak apapun. 

Kerugian akibat kerugian tersebut diperkirakan mencapai US $ 2 miliar.


7. Nimda – 2001
sejarah Virus komputer Nimda pertama kali muncul pada pertengahan September 2001, satu minggu setelah serangan pada 9 September. Nama virus Nimda diambil dari kata "Admin", yang memiliki ejaan berlawanan. 

Virus Nimda menyebar melalui media Internet seperti email, Web, dan berbagi file, atau mengeksploitasi lubang keamanan di server Web Microsoft Internet Information Services (IIS). 

Menurut laporan, worm ini berhasil dengan cepat menginfeksi dan melemahkan ribuan komputer di seluruh dunia, dan masih menyebar, tetapi pada tingkat yang lebih lambat.


8. Blaster, aka Lovsan, aka MSBlast – 2003
Pencipta nama virus komputer Blaster (alias Lovsan alias MSBlast) itu rupanya punya dendam pribadi terhadap Bill Gates. Karena belajar virus komputer Blaster menginfeksi ribuan komputer melalui "kerentanan"  backdor di Windows 2000 dan Windows XP. Virus akan membuka kotak dialog yang memberi tahu pengguna bahwa sistem akan mati dan kemudian komputer akan mati atau restart.

Virus Blaster berisi dua pesan di dalam kode tersebut, yang berbunyi: “Saya hanya ingin mengatakan LOVE YOU SAN!” Dan “Billy Gates, kenapa kamu melakukan ini? Berhenti menghasilkan uang dan perbaiki software!” Terjemahan: “AKU MENCINTAIMU "dan" Billy Gates, mengapa ini memungkinkan? Berhenti menghasilkan uang dan perbaiki perangkat lunak! "


9. Fizzer (2003)
Pada tahun 2003, worm didistribusikan secara luas di email, tetapi fizzer adalah worm yang benar-benar baru. Fizzer diciptakan untuk mencuri uang. Roel Schouwenberg, seorang peneliti senior di perusahaan antivirus Kaspersky, mengatakan: "Satu hal yang membuat Fizzer terkenal adalah bahwa virus tersebut adalah contoh pertama dari worm yang diciptakan untuk keuntungan finansial." Hingga batas tertentu, Microsoft akan menyediakan Pelapor yang membuat Fizzer menawarkan hadiah $ 250.000.


10. SQL Slammer – 2003
SQL Slammer adalah sejenis virus worm komputer, yang akan menyebabkan penolakan layanan pada host Internet tertentu, sehingga sangat mengurangi lalu lintas Internet. Ini dimulai pada 25 Januari 2003 dan menyebar dengan cepat, menginfeksi 75.000 korban dalam sepuluh menit. Slammer memiliki dampak signifikan pada layanan utama perusahaan besar.


Di antara para korban adalah ATM Bank of America. sejarah Virus komputer SQL Slammer menyerang server Web yang menjalankan versi rentan dari Microsoft SQL Server dan kemudian menghasilkan alamat Internet Protocol (IP) acak. Perlu dicatat seberapa kecil kode bahasa Slammer? Dibandingkan dengan Twitter saat ini, kodenya hanya dapat berisi lima tweet.


11. Sasser – 2004
nama Virus komputer Sasser diciptakan oleh Sven Jaschan, seorang mahasiswa Jerman berusia 17 tahun pada saat itu. Sasser menyerang Windows 2000 dan Windows XP dengan mengeksploitasi kerentanan di sistem Windows. 

Sasser menyebabkan kerugian miliaran dolar pada tahun 2004. contohVirus komputer ini menyebabkan banyak komputer berjalan lambat dan crash, yang pada akhirnya menyebabkan kerusakan yang cukup parah. Worm ini memiliki banyak varian, seperti Sasser.E yang merupakan varian pertama yang menyerang Mydoom dan Beagle, seperti Netsky.


12. MyDoom – 2004
sejarah Virus komputer ini adalah malware paling parah pada tahun 2004, dan menginfeksi sekitar satu juta komputer. Virus dengan cepat menginfeksi sekitar satu juta komputer. Virus menyebar melalui email yang terlihat seperti pantulan (email terpental). cara kerja Virus MyDoom dianggap sebagai email bounce atau spammer, ketika pengguna membuka email tersebut, komputernya sudah terinfeksi.

Kemudian, kode berbahaya virus MyDoom mengunduh file lain miliknya dan menggunakan Outlook untuk secara otomatis mengirim lebih banyak email dengan konten yang sama ke korban barunya, sehingga mencuri buku alamat email. Selain itu, penyakit ini terus menyebar dari sana ke teman, keluarga, dan rekan korban terus menerus. MyDoom menyebar lebih cepat dari kebanyakan worm lainnya. Virus komputer paling berbahaya ini dapat mengunduh file lain dan mencuri alamat email, dan kemudian secara otomatis mengirim email ke korban baru.


13. Bagle – April, 2004
contoh Jenis virus komputer ini, termasuk jenis virus pertama dan menyebar dalam bentuk lampiran email, kemudian menyerang semua versi Microsoft Windows. Awalnya, hal ini menimbulkan sensasi di antara penyedia layanan email yang dianggap sebagai "alat penyebaran". Jenis worm ini dirancang untuk membuka pintu belakang di mana pengguna jarak jauh dapat mengontrol komputer yang terinfeksi.

Perlu dicatat bahwa penulis kode virus juga menulis puisi pendek untuk kode tersebut. Pada masa itu, hal seperti ini sangat jarang terjadi. Subjek email Bagle adalah "Hi", pesannya adalah "Test =)", diikuti oleh string mesin, dan "Test, yes". akhirnya. Nama lampiran adalah string huruf acak dengan ekstensi file dan ikon exe, yang biasanya terlihat seperti kalkulator Windows.


14. Poison Ivy – 2005
Poison Ivy adalah Trojan akses jarak jauh yang secara diam-diam dapat mengontrol komputer yang terinfeksi dari lokasi yang berbeda. Poison Ivy adalah mimpi buruk keamanan komputer. 

Virus ini memungkinkan peretas untuk secara diam-diam mengontrol komputer dari pengguna yang terinfeksi. Setelah menginstal cara kerja virus komputer ini di komputer, peretas dapat mengontrol komputer, memanipulasi konten, dan mengakses speaker komputer dan webcam untuk merekam audio dan video. Virus ini adalah mimpi buruk dari semua mimpi buruk keamanan komputer.


15. Storm Worm – 2006
Jenis sejarah virus komputer Trojan House ini dapat berakibat fatal dan dapat merusak perangkat Anda. Storm Worm adalah jenis malware yang pertama kali muncul pada tahun 2006 dan menyebar melalui pesan elektronik (termasuk link) melalui email. 

Banyak pengguna komputer mengeluh bahwa mereka menerima email spam dengan pesan "230 badai melanda Eropa, menyebabkan kematian." Mengklik tautan tersebut akan menyebabkan virus komputer Storm Worm menginfeksi komputer dan membuat sistem dikendalikan dari jarak jauh untuk menyebarkan spam di Internet.


16. Zeus (2007)
Paket malware yang menargetkan informasi pribadi sangat populer di dunia maya. Zeus sendiri pernah diperdagangkan oleh penjahat cyber dan dijual di jaringan bisnis cybercrime. Virus dapat mencuri password dan file Anda.

Hal ini disebabkan oleh beberapa virus Internet paling terkenal, yang tersebar di mana-mana di antara pengguna Internet, berbahaya dan menyusahkan. Namun, ini tidak berarti bahwa di masa mendatang tidak akan ada "bahasa kode" yang dapat menimbulkan masalah bagi pengguna komputer. Suatu hari pasti, programmer pintar ini masih akan menulis lebih banyak kode.

Bahkan sekarang, virus komputer telah merambah ke dunia gadget, baik yang berbasis Android maupun yang berbasiskan OS Apple. 

Oleh karena itu, harap bersiap-siap terhadap kerusakan file, program atau aplikasi, serta kerusakan sistem operasi komputer yang lebih serius.


17. Agen.btz – 2008
Malware yang mencoba mengganggu sistem keamanan Pentagon bahkan membuat Pentagon mendirikan cabang militer Komando Siber AS untuk menangani agent.btz. 

cara kerja virus Sebarkan melalui thumb drive, lalu instal malware dan curi data penting dari komputer. Agent.btz, juga dikenal sebagai Agent.AWF, menyerang sistem operasi Microsoft Windows.

18. Conficker – 2008
Virus conficker termasuk dalam kategori virus komputer dan sangat berbahaya karena penyebarannya yang cepat. 

Conficker ditemukan pada Oktober 2008. Selain Conficker, contoh sejarah virus komputer ini juga disebut virus Downup, Domnadup, Win32 / Conficker.C dan Kido. software ini menyebar melalui OS Microsoft Windows dan terutama menyerang OS Windows XP dan sangat berbahaya. 

Heinz Heise memperkirakan Conficker menginfeksi 2,5 juta PC pada 15 Januari 2009, sementara The Guardian memperkirakan bahwa itu menginfeksi 3,5 juta PC.

Kemudian pada 16 Januari 2009, virus komputer ini menginfeksi hampir 9 juta PC dan menjadikannya salah satu infeksi yang paling cepat menyebar dalam waktu singkat. 

Pada tahun 2009, worm komputer baru menginfeksi jutaan PC berbasis Windows di seluruh dunia, worm tersebut dapat mencuri data keuangan dan informasi lainnya. 

Kompleksitas worm ini membuatnya sulit untuk dihentikan. Worm ini adalah virus Conficker. Tujuan menyiapkan Conficker adalah untuk membingungkan pakar keamanan dengan pengaturan konfigurasi yang membingungkan.

19. Stuxtnet – 2010
sejarah mencatat nama Stuxnet adalah salah satu virus komputer paling berbahaya, dan telah menjadi awal dari perang dunia maya di Internet. contoh Virus malware jenis ini muncul pada pertengahan tahun 2010. 

Menyerang sistem pengawasan dan akuisisi data (SCADA). Stuxnet merusak mesin Fasilitas Pengayaan Natanz Uranium Iran. Badan Energi Atom Internasional menyatakan bahwa Stuxnet menyebabkan kerusakan signifikan pada mesin pembersih uranium raksasa Iran.

Stuxnet ditemukan pada tahun 2010 dan diyakini telah menginfeksi komputer Iran pada tahun 2009. Stuxnet sering disebut sebagai senjata super cyber pertama. Tidak hanya berdampak besar pada fasilitas Iran, tetapi juga menyebar dan menyebabkan kekacauan di Internet di seluruh dunia, yang pada akhirnya menyebabkan kekacauan yang lebih besar. 

Symantec, sebagai perusahaan antivirus ternama, menyatakan bahwa ukuran dari nama Stuxnet adalah 50 kali lipat dari virus komputer biasa, dan mereka kesulitan untuk menemukan sumber virusnya.


20. Duqu – 2011
Duqu diduga terkait dengan virus komputer Stuxnet. Nama Duqu dinamai oleh Bencsath, Hongaria, seorang peneliti di Laboratorium Kriptografi dan Sistem Keamanan (CrySyS Lab) dari Universitas Teknologi dan Ekonomi Budapest, Hongaria. 

Para peneliti menganalisis malware dan menulis laporan 60 halaman, menamakannya virus Duqu. cara kerja Virus komputer ini dapat mengubah nama file data di komputer dengan awalan "~ DQ". Malware ditemukan pada awal September 2011.


21. Flame aka Flamer aka sKyWIper – 2012
Flame atau Flamer dianggap sebagai virus paling kompleks yang ditemukan pada tahun 2012, hampir sama berbahayanya dengan virus komputer Stuxnet. sejarah Flame atau Flamer digunakan sebagai senjata cyber untuk menyerang banyak entitas di suatu negara yang sangat berbahaya bila sampai terinfeksi. 

Awalnya ditemukan sebagai senjata yang digunakan untuk menyerang komputer pejabat Iran, tetapi kemudian menyebar ke luar negeri. Setelah ditemukan telah menginfeksi banyak sistem komputer di negara-negara Timur Tengah seperti Palestina, Israel, Lebanon dan Suriah. 

Nyala api sangat besar sehingga dapat memasuki sistem dan menyebar menjadi banyak bagian kecil.
Jika Anda terinfeksi virus komputer ini, komputer akan secara otomatis mendownload file berukuran 6 MB yang berisi sekitar enam modul kompresi lainnya. Virusnya begitu besar sehingga bisa masuk ke dalam sistem hingga menyebar ke banyak fragmen kecil.

Pertama, komputer akan secara otomatis mendownload file berukuran 6 megabyte yang berisi sekitar enam modul kompresi lainnya. Setelah pengguna atau operator publik mendeteksi virus, virus akan berhenti berjalan. Disebut "virus" karena ini Operator memiliki kemampuan untuk mengirim virus. Modul atau aplikasi yang dapat membunuh virus.


22. MEDRE (2012)

Virus yang mencuri informasi terhadap dokumen AutoCAD. Tim ESET menemukan dan menganalisis ancaman ini dan mengetahui bahwa ancaman ini dikembangkan untuk mencuri cetak biru dari perusahaan swasta yang sebagian besar berlokasi di Peru.

23. HESPERBOT (2013)
Ini adalah Trojan kompleks yang menargetkan pengguna perbankan online dengan operasi phishing skala besar. Pelaku mendorong korban untuk menjalankan perangkat lunak berbahaya, sehingga memperoleh kredensial entri.


24. WINDIGO (2014)
Operasi penjahat dunia maya yang mengontrol lebih dari 25.000 server Unix di seluruh dunia mengirim jutaan email spam setiap hari. Komponen perangkat lunak perusak tingkat lanjut dirancang untuk membajak server, menginfeksi komputer yang mengaksesnya, dan mencuri informasi.


25. BlackShades – 2014
BlackShades adalah nama virus komputer yang relatif baru yang telah menginfeksi lebih dari 100 negara dan menyerang perangkat lunak komputer. cara kerja adalah dengan mengambil alih sistem komputer dan tentu paling berbahaya. 

Virus BlackShades (juga dikenal sebagai BlackShader) memungkinkan peretas mencuri informasi pribadi, mencegat pesan penting, dan membajak kamera di komputer atau kamera web untuk penggunaan rahasia demi kepentingan peretas ini.


26. BLACKENERGY (2015)
Malware menargetkan ICS / SCADA Monitoring and Data Acquisition (SCADA), yang merupakan sistem kontrol industri (ICS), biasanya digunakan di pabrik, industri, infrastruktur, dan sistem layanan. BlackEnergy menutup catu daya Ukraina hingga 6 jam.


27. INDUSTROYER (2016)
Malware modern paling kuat menggunakan sistem kontrol industri dan menyebabkan pemadaman kedua pada tahun 2016 di Kiev, ibu kota Ukraina.

28. TELEBOTS (2017)
BlackEnergy berevolusi menjadi Telebots. Malware ini menyebabkan penyebaran NotPetya, malware disk wiper yang mengganggu operasi bisnis global pada 2017 dan menyebabkan kerusakan miliaran dolar.


29. WannaCry
WannaCry (wcry) atau juga dikenal sebagai nama Wanna Decryptor adalah contoh virus komputer ransomware khusus dan bekerja dengan caramengunci semua data di sistem komputer dan meninggalkan korban hanya dengan dua file: instruksi untuk langkah selanjutnya dan program Wanna Decryptor itu sendiri.

Setelah membuka program, komputer akan memberi tahu korban bahwa file mereka telah dienkripsi dan memberi mereka tenggat waktu untuk pembayaran, memperingatkan mereka bahwa file mereka akan dihapus.


30. GREYENERGY (2018)
ESET menamakan hasil penemuan malware GreyEnergy, yang bertujuan untuk memanfaatkan ICS / SCADA dan memiliki berbagai modul. 

Malware ini digunakan untuk tujuan spionase dan pengintaian, termasuk backdoors, mencuri file, mengambil tangkapan layar, keylogging, kata sandi, dan pencurian kredensial, dll.

AKHIR KATA 


Begitu banyak Jenis Virus yang telah diciptakan ntah itu karena keisengan belaka atau memang untuk kepentingan skala yang lebih besar.

Serangan yang beragam serta efek yang ditimbulkan tentu memberikan kerugian yang tidak sedikit terutama bagi perusahaan-perusahaan besar.

Silahkan bagikan artikel diatas kepada teman atau kerabat yang membutuhkan, bila ada pertanyaan terkait Virus Komputer silahkan pergunakan kolom dibawah.

Semoga artikel diatas bermanfaat untuk semua Kawan LaeMurdani mengetahui Virus Paling Terkenal sepanjang sejarah.