Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh dan Cara Mengatasi Malware paling tepat

Contoh dan Cara Mengatasi Malware paling tepat 


Contoh dan Cara Mengatasi Malware paling tepat


Memahami Malware adalah sesuatu yang wajib bagi pemilik komputer begitu banyak kabar yang berkembang dipasaran mengenai gangguan dari Variant ini.

Tidak hanya merusak, begitu banyak impact yang dapat disebabkan oleh Malware, mulai dari pencurian data, Nomor Kredit dan tabungan, Sampai Informasi perusahaan.

Sebaiknya segera amankan komputer kalian untuk ketenangan dalam pemakaian sehari-hari maupun bisnis, jangan sampai setelah terserang akhirnya kawan LaeMurdani akan kesulitan dalam memperbaikinya.


Simak saja artikel dibawah ini untuk informasi secara lengkap mengenai Malware.

Jenis Malware terganas

Jenis Malware Terbaru

Masih ingat ga bahwa pada awal Maret 2020, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengimbau masyarakat untuk ekstra hati-hati saat mencari informasi mengenai virus Corona (COVID-19), karena mudah ditembus oleh malware.

Semuel Pangerapan sebagai Direktur Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika mengatakan malware tersebut dapat disebarkan oleh para peretas kepada masyarakat yang sibuk mencari informasi seputar COVID-19. Secara teknis, pelaku akan memasukkan malware dalam format .txt, .pdf, .exe dan beberapa file dokumen lain dengan ekstensi file, lalu mengirimkannya ke korban.

Setelah itu, calon korban diminta untuk membuka dan mengunduh file yang berisi malware (download file). Para penjahat berharap malware di file tersebut bisa masuk ke sistem komputer. Jika berhasil, pelaku akan mengambil alih sistem komputer korban.

Padahal, sejak lama, dunia online terinspirasi dari berbagai software buatan yang dibuat khusus untuk menyerang perangkat orang lain. Selain malware, malware serupa juga ada, seperti spyware dan adware.

lalu, apa sih bedanya ketiganya? 

Malware dilaporkan oleh University of Massachusetts Amherst menyebut mallware adalah singkatan dari Malicious Software dan software ini khusus untuk dirancang agar “merusak” sistem komputer orang lain. Malware dapat menyerang file milik seseorang dan menyalin dirinya sendiri, sehingga merusak sistem kerja hard disk dan perangkat lunak, mengambil data, dan menghancurkan sistem operasi pada PC target.

Perangkat lunak berbahaya dapat berupa Software atau kode yang berpura-pura menjadi pengguna dan menjalankan sistem tanpa izin.

Perangkat lunak akan menghancurkan dengan membuat program atau menutup program. Malware berbahaya bahkan dapat mematikan perangkat lunak antivirus yang diinstal pada sistem komputer. Saat ini berbagai bentuk penyebaran malware, seperti trojan horse, worm, virus, dan lainnya.

Cara kerja dari Malware juga beragam, ada yang hanya mengumpulkan informasi penting. Mengakses tanpa persetujuan, atau bahkan menyerang sistem dari jaringan perusahaan.


CONTOH SERANGAN MALLWARE   



Bahaya Malware pada Website dan Blog

  • Mengubah tampilan situs web
Jika software berbahaya masuk ke dalam suatu website, dampaknya bisa berbahaya, salah satunya adalah mengubah tampilan atau noda pada website tersebut. Serangan tersebut dirancang untuk membuat situs web Anda terkenal karena dibanjiri konten yang tidak terkait dengan situs web asli, menyebabkan pengunjung mulai meninggalkan situs web Anda.

  • Memuat iklan Misterius
Apakah ada iklan Misterius yang muncul di browser web Anda atau mesin pencari tiba-tiba berubah? Jika demikian, Anda dapat yakin bahwa komputer Anda telah terinfeksi malware. Cara sederhananya adalah Anda dapat melakukan pemindaian antivirus untuk menghilangkan contoh malware.

  • Menhilang dari SERP
Setelah website dirubah tampilannya dan banyak informasi terjadi bounce rate, tentu saja secara otomatis peringkat SERP (Search Engine Result Page) website dapat turun.

  • Akses website diambil
Lebih buruk lagi, jika malware menyerang situs web, itu dapat mencuri hak akses masuk dan kata sandi pengguna. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mengubah URL login wordpress agar lebih aman.
  • Pencurian data
Data saat ini adalah ukuran perlindungan yang penting. Jika data Anda diserang oleh contoh malware yang berbahaya, data tersebut dapat digunakan untuk kejahatan lebih lanjut. 

Data umum, seperti pengguna dan kata sandi, akun email, kartu kredit, dan akun keuangan lainnya.

Begitu banyak Bahaya yang seharusnya mampu dihindari sejak dini dengan melalukan tindakan dalam mengatasi Malware. 



Cara Mengatasi Malware pada Website


Ada banyak tindakan yang mampu Anda lakukan agar mencegah Malware berbahaya diserang. Dalam hal ini, kami memberi Anda metode untuk menangani Software perusak situs web, Internet, komputer, dan desktop. 

Berikut pembahasannya:



Sertifikat SSL
  • Memasang Sertifikat SSL
Bagi yang belum menggunakan situs SSL memiliki fungsi mengenkripsi server dan klien, sehingga peretas dan perangkat lunak berbahaya tidak dapat masuk dan akan menyulitkan bagi penyebar malware untuk masuk ke dalam sistem kamu.

Install Antimalware

  • Memasang Anti Malware
Sekarang, cara kedua untuk menangani malware adalah dengan menggunakan plugin anti-malware Wordfence. Anda dapat menginstalnya di situs web yang menggunakan CMS WordPress, dan Anda dapat mengandalkan plugin ini untuk melindungi dari malware dan menghapus contoh sepenuhnya. Jangan khawatir, Anda bisa mendownload plugin WordPress ini secara gratis.


Install Malwarebytes

  • Install Malwarebytes
Jika komputer Anda telah diserang malware, Anda tidak dapat menggunakan software antivirus biasa untuk menghapusnya banyak contoh. Namun LaeMurdani merekomendasikan sebaiknya untuk menggunakan Malwarebytes, yang telah terbukti efektif menghapus malware dari perangkat lunak, aplikasi, dan browser komputer.

KESIMPULAN


Semoga pembahasan diatas dapat memberikan pengetahuan positif bagi pengunjung setia LaeMurdani.

Begitu banyak masalah yang telah ditimbulkan oleh malware, ga mau donk suatu saat komputer kalian akan terinfeksi.

Silahkan berkomentar dibawah ini bilamana ada pertanyaan terkait Malware, apakah kamu telah memproteksi Komputer kamu dengan Malwarebytes??

Silahkan bagikan Artikel ini keteman, kerabat, maupun kolega untuk dapat memproteksi laptop demi kenyamanan bersama dan faham mengenai Malware, virus maupun adware.


















































Posting Komentar untuk "Contoh dan Cara Mengatasi Malware paling tepat"