Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Laptop error Baru Nyala, Solved!!

Cara Mengatasi Laptop error Saat Baru Nyala

Mengatasi Laptop hang Saat Baru hidup



Saat sedang ingin memulai bekerja dan mendadak laptop error tentu akan membuat kesal, bagaimana tidak, mungkin kalian sedang dikejar waktu yang mepet, atau lagi nyusun skripsi yang udah mau deathline eh malah hang saat baru nyala.

Banyak kemungkinan yang bisa menyebabkan kondisi diatas, meskipun awalnya seakan tidak ada masalah dan terlihat biasa. Tapi waktu coba dihidupkan di posisi mau startup eh mendadak laptop error . 

sistem akan merasa kesulitan untuk melakukan akses pada program yang akhirnya membuat kalian mau tidak mau harus force shutdown perangkat dengan Ctrl+alt+dell atau tekan tombol power.

Tenang, ga perlu panik!!!

Dipembahasan dibawah kita akan melihat secara detail berikut solusi untuk mengatasi laptop error saat baru nyala.

Sebelumnya kita lihat dahulu ya apa sih kira-kira penyebabnya


Laptop error Saat Baru Nyala

Penyebab Laptop Hang Saat Startup

  • Laptop Error Baru nyala permasalahan pada Sistem Operasi

Salah satu penyebab laptop menjadi stuck adalah karena permasalahan yang ada pada sistem operasi laptop. Masalah yang ada pada sistem operasi laptop dapat terjadi karena infeksi virus, masalah instalasi aplikasi, ataupun kesalahan dalam mengatur pengaturan yang ada pada sistem operasi tersebut.

Khusus untuk Windows Anda tidak perlu khawatir, karena sistem operasi ini telah menyediakan fitur-fitur yang dapat membuat sistem operasi di komputer Anda kembali normal sesuai dengan situasi di mana sistem operasi Anda masih dalam kondisi yang baik. Fitur ini dikenal sebagai System Restore


  • Laptop Error Baru Nyala Sistem Operasi Notebook terinfeksi virus

Sebagian besar virus akan membuat laptop atau komputer Anda bekerja lebih keras dan ada juga beberapa virus yang dapat merusak media penyimpanan hard disk, baik di laptop maupun di komputer.
Virus pada sistem Windows cukup umum. Dan ini bisa memberatkan kinerja, termasuk saat proses Start sedang dimulai. Efeknya akan memperlambat loading .. Dan pada waktu-waktu tertentu bisa membuat startup macet bahkan gagal.

Laptop Macet karena RAM yang kurang mencukupi dan bermasalah
Kerusakan RAM (random access memory), serta RAM yang tidak mencukupi, akan membuat laptop atau komputer Anda tidak dapat bekerja secara optimal seperti yang diharapkan. Memori RAM adalah elemen yang sangat penting yang memastikan berfungsinya laptop atau komputer.

Kondisi RAM yang rendah dan bermasalah akan memperlambat laptop Anda saat dinyalakan atau saat dijalankan. Ciri-ciri RAM komputer yang rusak juga dapat ditemukan pada masalah RAM yang rusak di laptop.

Untuk mengatasinya, Anda harus mengikuti proses menambah atau mengganti RAM bermasalah di laptop Anda. Untuk melakukan proses penggantian RAM atau penambahan RAM, Anda perlu membuka laptop dan menambah atau mengganti RAM yang terpasang di slot RAM pada motherboard laptop.


  • Laptop Error Baru Nyala Terlalu banyak aplikasi di Instal

Aplikasi yang terlalu banyak diinstal di laptop akan menghabiskan banyak memori yang digunakan untuk menampung aplikasi ini. Selain membutuhkan kapasitas memori yang besar, laptop juga akan macet karena juga dapat mempengaruhi kinerja laptop saat booting sistem operasi yang terpasang di dalamnya.
Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah laptop macet karena terlalu banyak aplikasi laptop yang terpasang, Anda perlu mengikuti proses uninstall beberapa aplikasi yang terinstal. Dengan cara ini, laptop Anda akan memiliki lebih banyak ruang, yang dapat membantu laptop Anda bekerja lebih baik. Anda bisa mulai dengan menghapus aplikasi - aplikasi yang jarang atau tidak pernah Anda gunakan.


  • Bad Sector membuat Laptop Macet Saat Baru Nyala

Masalah harddisk bisa menjadi salah satu faktor yang menyebabkan laptop Anda macet saat dihidupkan. Seiring berjalannya waktu, harddisk sering kali kehilangan kemampuannya untuk menjalankan proses penyimpanan yang dapat membuat komputer berfungsi dengan baik.

Belum lagi masalah seperti fragmentasi data yang disimpan di hard drive Anda yang juga dapat berkembang seiring waktu. Ini akan mempengaruhi kinerja hard drive.

Anda dapat menggunakan fitur Disk Defragmenter yang disediakan oleh sistem operasi Windows untuk memperbaiki masalah yang terjadi dengan hard disk yang terfragmentasi. Jika Anda tidak menggunakan Windows, ada banyak program alternatif yang dapat Anda gunakan untuk mendefrag disk Anda.


  • Banyak Debu yang menempel di Komponen

Komponen laptop yang berdebu akan membuat laptop Anda berjalan lebih berat dari biasanya. Laptop yang melangkah lebih jauh dari biasanya pada akhirnya akan menghadapi kemacetan kinerja seiring waktu.

Masalah laptop yang berdebu juga akan menyebabkan laptop cepat panas - masalah ini pada akhirnya akan menyebabkan laptop terkunci saat dihidupkan atau dinyalakan. Oleh karena itu, penting untuk selalu melindungi komponen laptop dari debu agar komponen tersebut dapat melakukan hal tersebut.

Untuk dapat memperbaiki laptop yang macet akibat komponen laptop yang berdebu, bisa dimulai dengan membersihkan bagian dalam laptop yang berdebu serta memperhatikan cara merawat laptop yang jarang digunakan. Dengan memperhatikan kedua hal tersebut maka anda dapat mengatasi masalah laptop stuck akibat komponen laptop berdebu.


  • Start Up Membuat program di Laptop Error saat Baru nyala

Mirip dengan situasi di mana terlalu banyak aplikasi yang terpasang di laptop dapat menyebabkan laptop macet. Terlalu banyak program startup yang diaktifkan akan menyebabkan laptop macet saat dihidupkan.

Program startup adalah sistem yang dimulai secara otomatis saat Anda menyalakan komputer, dan biasanya berjalan di belakang layar. Saat startup program diaktifkan, program ini akan menggunakan kapasitas RAM yang tersedia. Jika terlalu banyak startup yang berjalan secara bersamaan, itu akan mempengaruhi kinerja laptop.


Solusi Mengatasi Laptop Error saat baru dihidupkan

Setelah melihat penyebab notebook hang diatas tentu kita harus mengetahui pula bagaimana mengatasinya.

Hampir rata-rata penyebabnya hank saat dihidupkan seperti yang diatas itu, kalaupun ada hal lain mungkin saja sudah lebih komplex ga usah dipikirin deh hahhaa

Next kita akan melihat solusi untuk mengatasi permasalahan diatas ini ya, coba dijalankan step dibawah ini untuk melihat siapa tahu ada yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan laptop error dan bisa dijalankan seperti normal.


1. Cobalah Memakai System Restore pada Windows

Sesuai fungsinya, System Restore memiliki Fitur untuk menjadikan kondisi kembali ke sistem dalam waktu tertentu (misalnya Restore minggu kemarin, bulan kemarin atau bahkan ke instalasi awal).

Fitur Ini tentu akan sangat baik dan membantu, guna memperbaiki kesalahan sistem yang mungkin terdapat crash juga bisa saja ada kesalahan.
Untuk caranya..


  1. Nyalakan Laptop
  2. Setelah layar BIOS
  3. Tekan F6 – F7 atau F8 berulang-ulang (Sampai ada pilihan Safe Mode, Repair dan lain-lain)
  4. Pilih Repair Computer.

Bila sudah berhasil masuk ke dalam System Restore, coba pilih kembalikan Laptop ke titik tertentu yang telah tersedia sebelumnya (Biasanya sih ada satu atau dua pilihan).

bang laptopku ga ada pilihan nih?? Well, Restore Point tersebut sebenarnya wajib. Tapi kalau nggak ada, coba skip dan pakai metode selanjutnya.


2. Cobalah melakukan Reinstall Windows

Menginstal ulang Windows berfungsi hampir sama dengan menggunakan System Restore di atas. Hanya saja ... Metode ini 80% lebih efisien karena semua data sistem akan ditimpa dengan yang baru.
Nah, karena data lama sudah diganti dengan yang baru. Otomatis semua error pasti akan hilang semua. Jadi masalah startup pasti akan hilang.
Bagaimana cara melakukannya? Wah kalau dibicarakan di sini pasti lama sekali. Coba cari tutorial melalui Google atau Youtube. Beberapa telah membahasnya sepenuhnya.


3. Bersihkan File Sampah di Windows menggunakan clean up

Ya, file sampah yang saya bicarakan adalah file cache seperti yang dibahas sebelumnya.
Sejauh ini, Anda dapat menggunakan metode ini jika Anda tidak dapat melakukan pemulihan sistem dan tidak dapat menginstal ulang.

Untuk stepnya bisa melalui Safe Mode > Masuk Fitur Disk Cleanup (Klik kanan Drive C: > Properties > Disk Cleanup > Lalu tunggu Prosesnya).
Next coba klik untuk membersihkan File Registry menggunakan Aplikasi tambahan (Seperti CCleaner atau sejenisnya).



4. Melakukan Proses Defragmenter pada Harddisk

Sama seperti file sistem, hard drive akan menumpuk lebih banyak file, dan file-file ini pada akhirnya akan menjadi berantakan. File-file tersebut pasti akan memperburuk kinerja harddisk sehingga mengurangi kecepatannya.Terus apa hubungannya dengan Startup yang Hang?

Hard drive ini mempengaruhi kecepatan pemuatan sistem. Semakin banyak file yang Anda susun, semakin lambat sistem Anda akan memuat. Salah satu efek akhirnya adalah sering crash.

Nah, dengan menjalankan proses Defrag Harddisk diatas seharusnya dapat membantu guna mengatasi hal laptop error.
Stepnya pada kolom Search > Ketik Defrag > Buka > Klik Analyze > Lalu klik Optimize pada Drive yang diinginkan (Rekomendasi saya semuanya saja).


5. Disable Program Startup yang tidak Berguna

Setelah laptop dimulai , laptop akan mencoba memuat data pada sistem. Sekarang kalian perlu mengetahui bahwa system akan mencoba memuat juga segala aplikasi yang terinstal.

Sebenarnya itu normal. Tetapi jika jumlahnya terlalu banyak, efeknya sama dengan file cache yang kita bicarakan sebelumnya. Belum lagi program yang rusak, kesalahan startup yang macet bisa lebih sering muncul.

Untuk solusinya:

  1. Pada kolom Search ketik MSCONFIG
  2. Masuk ke Tab Startup
  3. Lalu tekan centang yang ada pada aplikasi yang tidak diperlukan.

Selanjutnya masuk juga ke:

  1. Tab Service
  2. Centang opsi Hide All Microsoft Service
  3. next hapus centang pada Aplikasi yang tidak diperlukan.

Oh ya, khusus untuk Windows 10 dengan berbagai versi, kamu dapat melakukan lewat Task Manager (Klik Ctrl + Shift + Esc).


6. Melakukan Pengecekan Kerusakan Harddisk Laptop Anda

Saya pernah mengatakan bahwa hard drive yang rusak dapat mempengaruhi kinerja laptop. Nah, yang dimaksud adalah sektor yang buruk.

Apa itu bad sector? Sektor buruk adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kerusakan hard disk, yang membuat data di dalamnya tidak dapat dibaca. Anda tidak bisa membaca file yang mungkin kebetulan ternyata adalah file sistem dibutuhkan untuk melakukan proses booting

Untuk mengatasinya, Anda perlu memeriksa terlebih dahulu apakah hard drive laptop masih normal atau tidak. Mungkin menggunakan aplikasi khusus seperti Harddisk Sentinel atau HDTune.

Jika rusak atau ada indikasi badsector maka saya sarankan untuk mengganti hard drive atau mencoba solusi berikutnya.


7. Kenapa tidak ganti Media Penyimapanan SSD?

Hard drive rusak? Apakah Anda bertanya-tanya apakah akan menggantinya dengan yang baru? Maka saya sangat menyarankan untuk meningkatkan ke SSD.

Bagi yang belum paham, SSD adalah media penyimpanan yang kecepatan proses pembacaannya jauh lebih cepat daripada hard drive.

Hal ini, tentu saja, dapat meningkatkan kinerja keseluruhan laptop Anda, mempercepatnya saat boot, dan menghilangkan masalah penguncian saat laptop baru saja dihidupkan.

Meskipun penggantian harddisk tidak diharuskan tentu dengan pertimbangan harga dan kegunaan yang hampir sama dengan SSD maka saya menganggapnya sebagai pilihan terakhir.



AKHIR KATA


Nah, demikian Cara mengatasi Laptop error saat baru dinyalakan dan Hang saat baru ingin Startup.

Solusi ini dapat diteriapkan pada hampir semua variant laptop notebook bahkan prosesnya ga jauh beda koq dari sistem operasi Windows. Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Windows 10 dan versi Windows lainnya.

Bilamana proses startup sudah berhasil kalian perbaiki,maka jangan lupa untuk selalu jaga sistem dan kebersihan dari laptop kamu ya.

Oh ia, bila artikel ini bermanfaat, silahkan share sebanyak-banyaknya kepada teman, kerabat, keluarga atau digrup dan media sosial milik kamu ya. 

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Laptop error Baru Nyala, Solved!!"