Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Pilihan Antivirus GRATIS terbaik tahun 2020





5 Pilihan Antivirus GRATIS terbaik tahun 2020 

Apakah computer kamu sudah memiliki antivirus gratis dikomputermu?

Seperti kita semua ketahui Antivirus begitu banyak manfaat guna mengamankan computer atau perangkat peripheral anda.

Meskipun A-Virus biasanya tersedia default terkhususnya untuk sistem operasi window's dmna saat ini telah menyediakan windows defender sebagai andalan security systemnya secara free tapi karena jarang diupdate dan mudah diakses juga oleh hacker akhirnya menyebab banyak terdapat kelemahan dari windows defender itu sendiri.

Windows defender sendiri sebenarnya sudah cukup baik dalam mengatasi beberapa permasalahan dan pengamanan data untuk system operasi windows. 

Pada dasarnya ANTIVIRUS sekarang ini banyak yang menyediakan fitur gratis ataupun limited time untuk dapat dicoba dalam waktu tertentu oleh penggunanya.

Namun seperti pembahasan sebelumnya "ada harga ada rupa". Tentu saja meskipun banyak ANTIVIRUS berbayar yang telah direkomendasikan oleh pemakai maupun badan SURVEY LAB kita semua sebagai warga +62 sering memakai pedoman “kalau ada gratis kenapa harus bayar” hahahaaa

Namun sejatinya saya menyarankan bilamana memang pekerjaan /  kondisi anda menuntut untuk pengamanan extra baik dan lebih terjamin tentu kalian sebaiknya menggunakan ANTIVIRUS yang berbayar dengan serial number atau licensed terdaftar langsung dari website nya.

Cara Kerja ANTIVIRUS sendiri bermacam, ada yang melakukan scan pada drive penyimpanan Harddisk ataupun removable media.

Sebelum memilih ANTIVIRUS GRATIS sebaiknya kalian juga harus mengetahui bagaimana sih sebenarnya trojan / mallware menyerang atau menginfeksi computer anda agar kita lebih waspada terhadap serangan dari virus.

Awalnya pada tahun 1949 seorang peneliti yang bernama John Von Neumann memiliki teori bahwasannya sangat mudah bagi program menkloningkan diri Dan menyerang bagian vital dari system komputer.

Setelah itu barulah muncul dan dikenal sebutan hacker sebagai programmer yang terus bereksperimen dalam menciptakan Virus terbaru dan lebih ganas untuk mencari tahu kelemahan dari Sistem Komputer. meskipun pada saat dimasa itu Industri dan perkembangan computer belumlah secanggih sekarang ini. 

Seorang Hecker biasanya menyimpan Virus racikannya didalam disket dan mengifeksi ke discet lain pada akhirnya menyebar tanpa diketahui atau disadari pemilik disc nya. bisa jadi karena saat itu belum ada koneksi internet ya mungkin memang hanya begitu cara yang paling efektif dan menyebarkan hasil karya buatannya.

masa sekarang ini Virus sudah banyak dan lebih mudah tersebar melalui file, bahkan bisa pula dari koneksi internet. dengan berbagai cara dan algoritma yang complex dan sistematis Hacker saat ini mampu menciptakan, menyebarkan, dan mendapatkan informasi atau kerusakan pada computer diInginkan.

Nah, agar kalian lebih faham apa sih Antivirus gratis dan pilihan terbaik untuk diinstal di Komputer / Laptop anda. Langsung saja lihat dibawah ini.


1. PANDA ANTIVIRUS 

Kalau anda membutuhkan Antivirus Gratis sekaligus memiliki performa terbaik dari Anti Virus lainnya. maka saya menyarankan PANDA Anti Virus. aplikasi ini memberikan jaminan dan kemudahan bagi penggunanya dengan tampilan simple namun sangat powerful dimana hampir dapat mendeteksi seluruh Virus computer yang ada saat ini.

Kemampuan dari PANDA ANTIVIRUS  ini juga mampu melakukan perlindungan terhadap browser anda bahkan pada saat kalian menggunakan koneksi internet difaslitas public maupun yang gratis gratisan internet siapa ya ga mau yak kan?? Hahahaa

dengan kemampuannya guna mencover data dan informasi laptop pribadi maka tidak ada salahnya untuk mencoba menginstal aplikasi ini menjadi Antivirus Free dalam melindungi komputer kamu.




2. KASPERSKY ANTIVIRUS


Salah satu legenda Antivirus yang ada saat adalah KASPERSKY ANTI VIRUS. Software ini berdiri diawal tahun 1989, A-Virus ini menjadi banyak diminati oleh pengguna laptop atau computer karena kapasitas dari aplikasi ini tidak terlalu besar namum memiliki segudang manfaat dalam melakukan proteksi.

Banyak aplikasi ini dalam mengenal VIRUS yang dapat dibersihkan juga menjadi pertimbangan pengguna dalam memilihnya, 

Pada dasarnya KASPERSKY memiliki 3 Cara dalam pengamanannya 

  • SCANNING PERANGKAT BARU 

  • MEMERIKSA SYSTEM YANG TERINFEKSI  

  • PERLINDUNGAN ( PROTECTION )

Proses Scanning dari Kaspersky juga cukup ringan dalam penggunaan memory dimana artinya saat kamu ingin memeriksaan secara menyeluruh terhadap perangkat yang ada, kalian tidak perlu khawatir dan dapat sambil melakukan aktiftas seperti biasa dikomputer anda.

Software Antivirus Gratis ini hanya membutuhkan kurang dari 1 GB space Hard Disk dan dapat dipergunakan dengan memory 512 MB saja. Ringan sekali bukan untuk penggunaan sebuah pengamanan yang luar biasa ini.




3. AVIRA Antivirus Gratis

Kalau ingin membahas Antivirus yang satu ini kita mungkin mengingat AVIRUS Luke FileWalker dimana diluncurkan ditahun 1988 dan pada akhirnya berkembang dan berubah nama menjadi AVIRA perusahaan Jerman.

Produk Avira Antivirus juga sangat sering melakukan pengupdatean baik secara offline maupun online. 

Meskipun sejatinya AVIRA lebih terspesifik untuk pengamanan dan keamanan internet namun nyatanya aplikasi ini banyak diminati dan dipergunakan oleh user sampai dengan 100.000.000 pengguna di belahan dunia ditahun 2009.

Untuk urusan Scanning, Antivirus ini juga cukup dapat diandalkan, terutama bilamana anda sering dalam penggunaan koneksi internet karena AVIRA sejatinya lebih terfokus kepada trojak dan mallware. ANTIVIRUS gratisan ini sangat mengawasi dengan baik setiap ada gangguan perangkat baru yang masuk dan membersihkan dari segala macam virus.

Meskipun begitu, salah satu menjadi pertimbangan saya kurang menyukai produk ini lebih karena terlalu seringnya melakukan update softwarenya. Terkadang kami sering merasa kesulitan bilamana saat kekurangan kuota ataupun tidak memiliki waktu yang cukup. Akan sedikit terganggu dalam proses updating.

AVIRA Antivirus juga kami rasa sedikit berat didalam penggunaan memory, jadi bilamana kalian menggunakan aplikasi computer cukup banyak. Maka saya sarankan untuk tidak memakai Antivirus Gratisan yang satu ini. 



4. MC Afee Antivirus 


MCAfee adalah sebuah produk dari perusahaan MCAffe Asosiation dan berhasil menjadi peringkat pertama penggunaan Antivirus di America ditahun 2014 – 2017.

Ditahun 2011 akhirnya Intel Corporation exclusive mengakusisi perusahaan tersebut sepenuhnya dan menjadi bahagian dari pengamanan intel secara khusus.

Sang penemu MCAfee yang bernama John McAfee telah bekerja keras dalam pengembangan akhirnya mengundurkan diri pada 1994.

Sebagai pioneer ditahunnya (2014 – 2017) menjadikan MCAfee jadi trend Antivirus saat itu dan dengan semakin banyaknya produk Antivirus gratisan direlease oleh kompetitor yang akhirnya menjadi pesaing bagi aplikasi ini.

Dari sisi kemampuan, Sejatinya MCAfee memiliki segudang kelebihan dalam keamanan dan proteksi untuk banyak Virus, diantaranya Nimda, Storm Worm, Sasser, Sality ILoveYou dan lainnya. 
Dengan telah diusung oleh Intel Corporation menjadikan MCAfee semakin diatas awan sebagai Antivirus Gratis. 




5. AVG

Antivirus Gratis berikutnya adalah AVG, Sebelum berganti nama Software ini bernama Grisoft ditahun 2001. Selama 8 tahun Grisoft banyak melakukan akusisi dengan beberapa perusahaan demi menciptakan Antivirus Gratisan terbaik dan lebih ramah untuk digunakan.

Akhirnya pada tahun 2008 Grisoft secara official menganti nama menjadi AVG Technologies. berdasarkan hasil dari kombinasi beberapa perusahaan dalam bidang pengamanan dan security.

Secara Sistem pengamanan Virus, AVG Memiliki kemampuan yang baik dalam proses scanning, 

AVG juga tidak membutuhkan banyak memory dalam process nya, sehingga pengguna tetap mampu menggunakan laptop / komputernya seperti biasa. Dengan proses updating terjadwal dan tertata. Menjadikan AVG selalu mengetahui kekurangan atau adanya jenis virus baru yang mungkin telah diciptakan oleh para hacker agar terlebih dahulu dapat diantisipas.

Meskipun begitu, beberapa kekurangan Antivirus ini menurut laemurdani adalah acap kali AVG ikut menghapus file telah terinveksi bersama dengan virusnya. serta aplikasi ini juga dirasa cukup menyulitkan dari pengguna biasa baru membutuhkan waktu dalam penyesuaian.





6. BITDefender 

Bitdefender memproses scanningnya dibalik layar, dimana artinya Antivirus gratis ini secara continue selalu melakukan proses pelacakan Virus nya.

Meskipun BitDefender sering melakukan scanningnya, namun penggunaan memory untuk aplikasi ini tidak begitu terasa berat. Sehingga user selalu merasakan nyaman saat menggunakan proses ini.

Software Antivirus Gratis ini juga memiliki kemampuan untuk scanning melalui link situs. Bilamana kamu ingin mengunjui browser dengan memasukkan link  maka kalian dapat mengetahui kira-kira seberapa amankah website yang nantikan akan kita kunjungi.

Kemampuan Bitdefender untuk melacak malware benar-benar diancungi jempol, kecepatan dalam menganalisis keberadaan virus juga luar biasa.




7. SMADAV

Antivirus yang terkenal sebagai karya anak bangsa INDONESIA adalah SMADAV, betapa hebatnya sang penemu meskipun saat itu beliau masih dibangku sekolah mampu menciptakan sebuah Antivirus yang mampu bersaing dengan ciptaan luar negeri beliau bernama Zainuddin Nafarin ditahun 2006.

Meskpun sempat vakum sampai dengan 2 tahun (2006-2008) akhirnya SMADAV kembali disempurkan bersama temannya. Pada tau ga sih SMA Negeri dua(2) Palangkaraya adalah asal usul dari nama SMADAV?? Luar biasa bukann.. hahaha

Melalui prosesnya SMADAV memeriksa dari system Cache sampai kedalam perangkat baru FD / HD yang tesambung ke laptop. Secara otomatis dimana aplikasi ini menemukan adanya virus maka akan langsung dihapuskan, namun bilamana terdapat kegagalan dalam  menghapusnya software ini biasanya melakukan Quarantine. Seringkali proses ini dikarenakan Karantina terjadi karena telah bersatunya file dengan sang pengganggu.

Berikut kita telah membahas 7 dari Antivirus gratis yang terbaik dan layak untuk digunakan. Namun bagaimana pilihan anda???
Sebelum menentukan pilihan Sebaiknya kita harus melihat kebutuhan dari pemakainya sendiri. Apakah computer anda butuh terkoneksi internet atau mungkin lebih sering melakukan aktifitas dimana hanya membutuhkan mobilitas tersambungnya perangkat baru flashdisk / harddisk.

Penting dalam mengetahuinya agar kalian tidak salah memilih dan menginstal Antivirus untuk laptop kesayangan kita bukan??

Meskipun Antivirus Gratis diatas banyak tersedia diinternet. Namun sejatinya dan saya yakini tentu saja Antivirus yang berbayar akan lebih maksimal dalam proteksi dan keamanan anda. “Ada uang abang sayang, ga ada uang abang kutendang” Hahahaha.

Untuk lebih amannya pastikan selalu jaga pemasukan dan keluarnya flashdisk anda ya, dan juga berhati-hatilah saat masuk ke situs sembarangan bilamana kalian tidak tahu sumber maupun kredibiltas dari situsnya.

Okelah sampai disini semoga kawan laemurdani dapat mengerti dan memutuskan ANTIVIRUS GRATIS,

Sampai bertemu diartikel lainnya. komentar dari kawan laemurdani selalu dinantikan.

Byeeee~

Posting Komentar untuk "5 Pilihan Antivirus GRATIS terbaik tahun 2020 "